Join With Us

Mengenal Satuan Karya yang Ada Di Indonesia


Gambar 11 Satuan Karya Pramuka

Satuan Karya atau Saka adalah organisasi pramuka yang mencangkup keterampilan khusus Pramuka Penegak dan Pandega guna untuk pembinaan dan pengembangan peningkatan pengetahuan dan keterampilan tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat. Satuan Karya Pramuka berfungsi untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Di dalam Satuan Karya terdapat Krida, Krida adalah satuan terkecil dalam setiap Satuan Karya (Saka), Krida berisi sub bidang tertentu yang mewakili dan menjadi ciri khas suatu Satuan Karya. Anggota dewasa di dalam Satuan Karya (Saka) disebut dengan Pamong, pamong adalah anggota yang berkualifikasi Pembina Mahir dan bertanggung jawab atas pembinaan dan pengembangan Anggota Saka. Dalam pelaksanaannya Satuan Karya atau Saka diatur dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 170 tahun 2008 (SK Kwarnas/170/2008), tentang Jukran (Petunjuk Penyelenggaraan) Satuan Karya Gerakan Pramuka.

Apabila kaka-kaka atau adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega berminat ingin mengikuti organisasi Satuan Karya (Saka) Gerakan Pramuka ada beberapa persyaratan yang harus di lengkapi, secara umum persyaratan untuk menjadi anggota Saka adalah sebagai berikut :

  1. Pramuka Penegak Bantara, Laksana, atau Pandega dari Gudep.
  2. Mendapat izin dari orang tua/wali.
  3. Mendapat izin dari Pembina Gugusdepannya.
  4. Sehat Jasmani dan Rohani.
  5. Menyatakan keinginan untuk menjadi anggota Saka, secara sukarela dan tertulis.
  6. Berminat dan bersedia untuk berperan aktif dalam kegiatan masing-masing Saka.
  7. Bersedia dengan Sukarela mendarmabaktikan dirinya kepada masyarakat dan sanggup mentaati ketentuan yang berlaku bagi anggota yang telah ditentukan oleh masing-masing Saka.
  8. Anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 16 sampai 25 tahun, dapat menjadi anggota salah satu Satuan Karya (SAKA) dengan ketentuan bahwa yang bersangkutan dalam waktu 1 (satu) bulan setelah menjadi anggota salah Satu Saka wajib menjadi anggota suatu gugus depan Gerakan Pramuka dan selanjutnya menempuh Syarat Kecakapan Umum dan dilantik sesuai dengan golongan keanggotaannya.
  9. Tidak sedang menjadi anggota di salah satu Saka.
  10. Seorang Pramuka dapat pindah dari satu bidang Saka ke Saka lainnya bila telah mendapatkan sedikitnya 3 (tiga) buah TKK dan sedikitnya telah berlatih selama 6 (enam) bulan pada Saka tersebut

Saat ini ada 11 Jenis Satuan Karya (Saka) yang bersifat sebagai Saka Nasional. Adapun Kesakaan tersebut adalah :

  1. Saka Bakti Husada
  2. Saka Bakti Husada adalah organisasi kesakaan yang bergerak di bidang kesehatan. Saka Bakti Husada memiliki 6 (enam) yaitu, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Pengendalian Penyakit, Krida Bina Gizi, Bina Krida Obat, dan Krida PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

  3. Saka Bhayangkara
  4. Saka Bhayangkara adalah organisasi kesakaan yang bergerak di bidang keamanan dan ketertiban. Saka Bhayangkara memiliki 5 (lima) Krida yaitu, Krida Pengamanan Lingkungan, Krida Pengamanan Lalulintas, Krida TPTK (Tindakan Pertama di Tempat Kejadian), Krida SAR (Search And Rescue), dan Krida Pemadam Kebakaran.

  5. Saka Dirgantara
  6. Saka Dirgantara adalah organisasi kesakaan yang bergerak di Bidang kedirgantaraan atau penerbangan. Saka Dirgantara memiliki 5 (lima) Krida yaitu, Krida Keselamatan Penerbangan, Krida Pesawat Model, Krida Terjun Payung, Krida Terbang Layang, dan Krida Pesawat Terbang.

  7. Saka Bahari
  8. Saka Bahari adalah organisasi kesakaan yang bergerak di Bidang Kelautan dan Kemaritiman. Saka Bahari memliliki 4 (empat) Krida yaitu, Krida Sumberdaya Bahari, Krida Jasa Bahari, Krida Wisata Bahari, dan Krida Reksa Bahari.

  9. Saka Taruna Bumi
  10. Saka Taruna Bumi adalah organisasi kesakaan yang umumnya bergerak di bidang pertanian. Selain di bidang pertanian, Saka Taruna Bumi juga bergerak di bidang peternakan, perkebunan, perikanan, dan ketahanan pangan. Kesakaan ini memiliki 5 (lima) Krida yaitu, Krida Tanaman Pangan, Krida Perikanan, Krida Peternakan, Krida Perkebunan, dan Krida Hortikultura.

  11. Saka Keluarga Berencana
  12. Sesuai dengan namanya Saka Keluarga Berencana atau Saka Kencana, adalah organisasi kesakaan yang bergerak di bidang KB dan Kesehatan Reproduksi. Ada 4 (empat) Krida di Saka Kencana yaitu, Krida Bina Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBdanKR), Krida Bina Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSdanPK), Krida Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi dan Krida Bina Peran Serta Masyarakat.

  13. Saka Wanabakti
  14. Saka Wanabakti adalah organisasi kesakaan yang bergerak di bidang Kehutanan. Saka ini memiliki 4 (empat) Krida yaitu, Krida Tata Wana, Krida Reksa Wana, Krida Bina Wana, dan Krida Guna Wana.

  15. Saka Wira Kartika
  16. Saka Wira Kartika adalah organisasi kesakaan yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat sebagai patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saka Wirakartika sendiri memiliki 5 (lima) Krida yaitu, Krida Survival, Krida Pioner, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Bintal Juang.

  17. Saka Kalpataru
  18. Saka Kalpataru adalah organisasi kesakaan yang diresmikan menjadi Satuan Karya (Saka) yang bersifat Nasional pada Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka tahun 2013. Saka Kalpataru bergerak di bidang pelestarian alam dan lingkungan hidup. Ada 4 (empat) jenis Krida di Saka Kalpataru yaitu, Krida 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Krida Perubahan Iklim, Krida Konservasi, dan Krida Keaneragaman Hayati.

  19. Saka Pariwisata
  20. Saka Pariwisata adalah organisasi Kesakaan yang baru diresmikan menjadi salah satu Satuan Karya yang bersifat Nasional ketika Munas tahun 2013. Saka Pariwisata sendiri bergerak di bidang ke Pariwisataan. Saka Pariwisata mungkin kesakaan yang memiliki lebih sedikit Krida dibandingkan dengan Kesakaan yang lain. Krida Saka Pariwisata berjumlah 3 meliputi, Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemandu Wisata, dan Krida Kuliner.

  21. Saka Budaya Bakti
  22. Sama seperti Saka Kalpataru dan Saka Pariwisata. Saka Budaya Bakti merupakan kesakaan yang baru diresmikan menjadi Saka yang bersifat Nasional pada saat Musyawarah Nasional tahun 2013. Saka ini bergerak di bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Jika Saka Pariwisata memiliki jumlah krida paling sedikit, berbeda keadaannya dengan Saka Budaya Bakti, Saka ini memiliki Krida paling banyak yaitu 7, diantaranya adalah, Krida Pendidikan Masyarakat, Krida Pendidikan Anak Usia Dini, Krida Pendidikan Kecakapan Hidup, Krida Bina Sejarah, Krida Bina Seni dan Film, Krida Bina Nilai Budaya, dan Krida Bina Cagar Budaya dan Museum.

  23. Saka Pustaka
  24. Saka Pustaka adalah kesakaan yang masih bersifat lokal atau Daerah, Kesakaan ini resmi dimiliki oleh Kwartir Daerah Jawa Tengah. Saka Pustaka adalah satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilamn praktis dibidang kepustakaan guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasiona. Saka Pustaka dimotori oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Blora, yang mendapat sambutan baik dari Kwartir Cabang Blora maupun Perpustakaan Pusat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Dan pada tanggal 29 Desember 2007 secara resmi Saka Pustaka diresmikan di Pendopo Bupati Blora dengan ditandai Pelantikan Pengurus Saka Pustaka Kwartir Daerah Jawa Tengah oleh Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah dan Pelantikan Pengurus Saka Pustaka Kwartir Cabang Blora oleh Ketua Kwartir Cabang Blora. Ada 4 Krida yang dimiliki oleh Saka Pustaka yaitu : Krida Layanan Perpustakaan (Yanpus), Krida Pengembangan Bahan Pustaka (Baka), Krida Pengembangan Perpustakaan (Peta), dan Krida Deposit dan Penerbitan (Debit).

.

Mengenal Satuan Karya yang Ada Di Indonesia Mengenal Satuan Karya yang Ada Di Indonesia Reviewed by Ahmad Alfariqi on November 26, 2017 Rating: 5

2 komentar:

  1. Bagus banget gan, jadi ingat waktu ikut lomba pramuka LT 3.

    BalasHapus
  2. Bagus banget gan, jadi ingat waktu ikut lomba pramuka LT 3.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.