Join With Us

Tips Agar Packing Menjadi Mudah

packing mudah
Ilustrasi Packing

Setiap kita akan melakukan perjalanan entah itu pergi sekolah, bekerja atau berkemah pasti kita terlebih dulu melakukan pengepakan (packing) barang-barang yang akan dibawa. Packing atau Pengepakan merupakan cara atau tekhnik menyusun perlengkapan dalam ransel atau carrier. Dengan packing yang baik ransel akan mampu memuat peralatan dengan efisien, namun tetap terasa nyaman dikenakan saat perjalanan. Packing yang benar membuat ransel muat banyak tapi tidak memberatkan.

Packing memiliki beberapa prinsip, hal ini digunakan agar ketika kita melakukan perjalanan atau petualangan kita tidak merasa repot dan kebingungan serta tetap merasa nyaman. Prinsip - prinsip Packing adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan matras dalam ransel
  2. Sebagian orang memang lebih menyukai menempatkan matras di luar ransel. Namun dengan meletakan matras melingkar di dalam carrier berbentuk ransel akan lebih tegak dan lebih mudah saat melakukan packing (menyusun) ataupun mengambil barang dari dalam ransel.

  3. Urutkan barang sesuai waktu penggunaannya

    Barang yang akan pertama kali dipakai sebaiknya diletakan di bagian paling atas saat packing dan barang yang terakhir dipakai diletakan di bagian paling bawah. Hal ini dilakukan agar memudahkan kita saat akan berganti baju atau mengambil barang, sehingga kita tidak perlu repot-repot membongkar ulang carrier atau ransel kita.

  4. Letakkan barang terberat di tempat paling atas
  5. Dengan meletakan barang-barang yang berat di bagian paling atas , beban terberat ransel akan jatuh di pundak. Jika tidak, berat beban akan membebani pinggul sehingga kaki kurang bebas bergerak dan cepat merasa lelah.

  6. Seimbangkan berat antara kiri dan kanan
  7. Saat melakukan packing, letakkan barang sehingga beban antara bagian kiri dan kanan ransel seimbang. Beban yang tidak seimbang akan mengganggu keseimbangan tubuh, apalagi mengingat jalur pendakian yang biasanya melalui medan-medan yang sulit.

  8. Maksimalkan ruang-ruang yang ada
  9. Barang-barang yang berlubang bagian dalamnya seperti nasting (panci serbaguna) jangan dibiarkan kosong tetapi isilah dengan barang-barang lain semisal beras, telur, dan lain-lain.

  10. Hindari menggantung benda di luar ransel
  11. Matras ataupun benda lainnya sebaiknya jangan diletakkan di luar ransel. Menggantungkan benda di luar ransel selain kurang rapi juga beresiko tersangkut semak atau sejenisnya sehingga akan mengganggu perjalanan dan tidak membahayakan diri dan orang lain.

  12. Lindungi benda mudah pecah
  13. Benda mudah pecah seperti telur yang belum matang sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah yang kuat. Wadah yang kuat contohnya seperti tempat makan, jadi telur mentah itu memiliki keamanan yang baik. Karena ketika telur yang pecah itu akan membuat semua barang yang ada di tas bau.

  14. Pisah barang yang suatu saat diperlukan
  15. Jas hujan, P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan obat-obatan adalah barang yang sewaktu-waktu diperlukan dalam perjalanan. Saat melakukan packing barang-barang ini dapat diletakkan di bagian atas ransel atau pada kantong-kantong diluar ransel sehingga saat membutuhkan dapat mengambilnya dengan cepat dan juga mudah.

  16. Masukkan ke kantong plastik
  17. Sebelum di packing ke dalam ransel kelompokkan dan masukkan barang-barang ke dalam kantong plastik yang tidak tembus air, terutama pakaian tidur atau pakaian cadangan, kertas-kertas, buku, dan lain-lain.

  18. Bawalah tas tambahan
  19. Apabila memungkinkan bawalah tas tambahan semisal tas kecil yang bisa dikenakan di paha. Tas ini bisa untuk mewadahi barang-barang yang sering dikeluarmasukkan, semacam kamera saku, obat-obatan, Handphone, dan lain-lain.

Pramuka biasa menyebut tekhnik pengepakan (packing) ini sebagai seni. Karena itu, tekhnik packing ransel atau carrier akan sangat tergantung pada selera dan keahlian masing-masing. Namun prinsip utama dari packing adalah menyusun barang dengan efisien, rapi tanpa harus merepotkan selama perjalanan. Jadi, jika tips di atas kurang efektif atau tidak sesuai, kaka-kaka bisa melakukan tekhnik packing dengan cara kaka sendiri.

Tips Agar Packing Menjadi Mudah Tips Agar Packing Menjadi Mudah Reviewed by Ahmad Alfariqi on Desember 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.